Rabu, 28 Mei 2008

Harold and Maude

Harold and Maude adalah film karya Hal Asbhy. Sutradara asal Amerika serikat ini kurang begitu dikenal di sini, di negaranya pun demikian. Namun, secara sinematografis film-filmnya bagus. Salah satunya adalah Harold and Maude. Film ini berkisah tentang anak muda dari keluarga kayabernama Harold, yang tidak punya teman. Dia punya kebiasaan yang tidak lazim, yakni suka sekali mendatangi kuburan dan acara-acara penguburan. Meski yang dikuburkan dia tak kenal.

Kebiasaan lainnya adalah terbiasa menakuti orang dengan cara bunuh diri. Bukan bunuh diri betulan, hanya main-main namun benar-benar seperti kejadian sebenarnya. Misalnya, dia bisa mengambang di kolam renang seperti orang tenggelam. Pernah juga melumuri lehernya dengan cat merah seperti orang yang habis digorok.

Selain kuburan, tempat yang biasa dikunjungi oleh Harold adalah tempat-tempat penghancuran gedung yang sudah tidak terpakai. Dia bisa menikmatinya hingga duduk berlama-lama sambil membawa makanan, persis seperti orang sedang pakansi.

Hingga suatu ketika Harold berkenalan dengan seorang nenek berusia 79 tahun, di sebuah gereja, menjelang acara pemakaman seseorang. Maude nama nenek itu. Sang nenek yang tampak energik itu punya kesamaan hobi dengan Harold yakni datang ke kuburan. Perkenalan tidak biasa itu, lambat laun membuat Harold jatuh cinta pada Maude. Mereka menikah, tepat di ulang tahun Maude yang ke-80. Sayangnya, setelah menikah, Maude masuk rumah sakit dan meninggal dunia.

Sosok Harold dan Maude memang unik. Keduanya punya kebiasaan mendatangi kuburan. Film ini, sebenarnya mengingatkan saya pada hadits Nabi yang menghimbau umatnya sering-sering ingat pada kematian bila lewat kuburan.

Tidak ada komentar: